Stok Hewan Kurban Aman, Pemprov Sumut Fokus Benahi Teknis ... | Liputan 24 Sumatera Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Stok Hewan Kurban Aman, Pemprov Sumut Fokus Benahi Teknis ...

Posted by On 2:07 AM

Stok Hewan Kurban Aman, Pemprov Sumut Fokus Benahi Teknis ...

Stok Hewan Kurban Aman, Pemprov Sumut Fokus Benahi Teknis Penyembelihan

Fokus pemerintah saat ini pada pembenahan teknis penyembelihan sebagai upaya menjaga kehalalan

Stok Hewan Kurban Aman, Pemprov Sumut Fokus Benahi Teknis PenyembelihanWakil Ketua I DPRA, Drs Sulaiman Abda MSi bersama Kabid Keswan, Dinas Peternakan Aceh, Drh Muslim melihat kondisi kesehatan ternak sapi, kerbau, dan kambing akan dijadikan ternak kurban di pasar hewan Sibreh, Aceh Besar, Kecamatan Suka Makmur, Rabu (23/8).

Laporan Rahmad Wiguna | Sumatera Utara

SERAMBINEWS.COM, MEDAN â€" Pemerintah provinsi Sumatera Utara (Sumut) memastikan aman stok he wan kurban jelang Idul Adha 1439 H.

Fokus pemerintah saat ini pada pembenahan teknis penyembelihan sebagai upaya menjaga kehalalan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (Hanpangternak) Sumut, Dahler, MMA menyebut ketersediaan sapi potong saat ini sebanyak 136.197 ekor, kerbau 36.433 ekor, kambing 908.880 ekor dan domba 705.559 ekor.

Baca: Beasiswa Mahasiswi Dihentikan Diduga Terkait Pindah Agama, Kadisdik Simalungun Dipanggil Ombudsman

Jumlah ini, kata dia, sudah melebihi kebutuhan tahun lalu, yaitu sapi potong sebanyak 32.407 ekor, kerbau 659 ekor, kambing 14.335 dan domba 22.252 ekor.

“Berdasarkan hasil perhitungan ketersediaan dan kebutuhan bahan pangan, secara umum aman. Hanya bawang merah yang devisit, tapi pemenuhannya tetap dilakukan dengan melibatkan provinsi lain,” kata Dahler kepada Serambinews.com, Minggu (29/7/2018).

Saat ini Pemprov Sumut lebih fokus membenahi teknis pemotongan hewan kurban, baik sec ara syariah maupun kesehatan hewan yang akan disembelih.

Baca: Sempat Kabur ke Sumatera Utara, Polisi Berhasil Ringkus Pembunuh Siswa SMAN 2 Langsa

Dahler mengatakan, upaya ini sudah dimulai dengan menyurati seluruh kepala daerah di Sumatera Utara agar melakukan pengawasan penyembelihan pada pelaksanaan kurban nanti.

“Nanti akan diakukan juga bimbingan teknis pelaksanaan pemotongan, sekaligus penanganan daging kurban yang higienis sesuai syariah. Kami akan mengajak MUI,” lanjut Dahler seraya memastikan akan dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.(*)

Penulis: Rahmad Wiguna Editor: Hadi Al Sumaterani Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Berita Sumatera Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »