Imigrasi Deportasi 210 Warga Asing, Ternyata Ini Jumlah WN Cina ... | Liputan 24 Sumatera Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Imigrasi Deportasi 210 Warga Asing, Ternyata Ini Jumlah WN Cina ...

Posted by On 1:51 PM

Imigrasi Deportasi 210 Warga Asing, Ternyata Ini Jumlah WN Cina ...

Imigrasi Deportasi 210 Warga Asing, Ternyata Ini Jumlah WN Cina di Sumatera Utara

Sumatera Utara, menjadi destinasi tujuan warga negara asing. Namun, selama 2018, ada 210 WNA yang dideportasi

Imigrasi Deportasi 210 Warga Asing, Ternyata Ini Jumlah WN Cina di Sumatera UtaraWarta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHASejumlah tersangka Sindikat WNA pelaku cyber fraud (penipuan siber), dihadirkann saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (31/7/2017). Total ada 145 WN China yang ditangkap secara serentak di tiga kota besar yakni di Surabaya, Jakarta dan Bali pada Sabtu (29/7) lalu. Mereka selanjutnya akan dideportasi ke negara asalnya. (Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)

MEDAN, TRIBUN-Kantor Wilayah Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM Sumatrera Utara mengklaim terus memperketetat pengawasan orang asing di Sumatera Utara.

Sepanjang 2018, ada 210 orang yang dideportasi. Mereka yang dideportasi ini merupakan warga Nepal, Thailand dan India.

"Dari 210 orang yang dideportasi, 202 diantaranya terbukti melanggar administrasi keimigrasian. Sementara itu, sisanya yang delapan orang melanggar pro justisia," kata Kepala Divisi (Kadiv) Imigrasi Kanwil Kemenkum HAM Sumut, Icon Siregar, Jumat (6/7/2018).

Para Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang tidak memiliki dokumen keimigrasian saat diamankan di Mako Ditpolair Polda Kalbar (2/10/2017)
Para Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang tidak memiliki dokumen keimigrasian saat diamankan di Mako Ditpolair Polda Kalbar (2/10/2017) (Dok. Ditpolair Polda Kalbar)

Ia mengatakan, jumlah kunjungan warga negara asing yang paling banyak datang itu dari Malaysia. Sepanjang 2018, jumlah WN Malaysia yang datang ke Sumut mencapai 80.883 orang.

Kemudian, jumlah tersebut disusul warga WN Singapura sebanyak 11.818 orang, dan terakhir WN Cina sebanyak 3.858 orang.

"Jika kemarin ada isu tenaga kerja asing (TKA) Cina membludak, kami rasa tidak benar. Dari data yang kami punya, jumlah TKA Cina di Sumut sebanyak 142 orang," terang Icon.

Baca: Ronny Franky Sompie: Jumlah WNA yang Dideportasi dari Indonesia Terus Mengalami Penurunan

Lalu, sambungnya, untuk jumlah TKA asal Malaysia sebanyak 54 orang, Filiphina sebanyak 18 orang, Korea Selatan sebanyak 19 orang, India sebanyak 13 orang.

Selanjutnya, Jepang sebanyak 7 orang, Singapura sebanyak 3 orang, Australia sebanyak 4 orang, Thailand sebanyak 2 orang, Amerika Serikat 1 orang, dan Sri Lanka.

"Jumlah tenaga kerja asing yang terdaftar itu mencapai 265 orang . Dan menyangkut TKA Cina, mereka tersebar di 70 perusahaan yang ada di Sumatera Utara," katanya.

Baca: 189 WNA Pencari Suaka dan Pengungsi di Sumut Diberangkatkan ke Negara Ketiga

Tiap perusahaan, lanjut Icon, mempekerjakan dua sampai tiga TKA Cina.

"Untuk pengawasan, kami sudah punya aplikasinya. Kami pantau dari Kualanamu, bagi mereka yang datang menggunakan angkutan udara. Dan dari Teluk Nibung, bagi mereka yang datang dengan angkutan laut," pungkas Icon.(cr15/cr9)

Editor: Array A Argus Sumber: Tribun Medan Ikuti kami di Aksi Heroik Seorang Ibu di Jambi Terjun ke Sungai Selamatkan Anaknya yang Diterkam Buaya Sumber: Berita Sumatera Utara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »