Mengisi Panen Raya, Digelar Pertunjukan Jazz Panen Kopi di Gayo | Liputan 24 Sumatera Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Mengisi Panen Raya, Digelar Pertunjukan Jazz Panen Kopi di Gayo

Posted by On 5:15 AM

Mengisi Panen Raya, Digelar Pertunjukan Jazz Panen Kopi di Gayo

Mengisi Panen Raya, Digelar Pertunjukan Jazz Panen Kopi di Gayo

Festival Panen Kopi Gayo diharapkan juga sebagai alat membagun masyarakat, seniman, petani, pedagang, dan penikmat kopi Gayo

Mengisi Panen Raya, Digelar Pertunjukan Jazz Panen Kopi di GayoTribunnews.com/ Reynas AbdilaKopi Gayo di Kedai Kopikina

TRIBUNNEWS.COM, ACEH -Mengisi panen raya kopi, di Takengon Aceh Tengah diselenggarakan "Festival Panen Kopi Gayo" pada 16-17 Desember 2017. Lokasi acara Desa Gunung Suku, Rawe, berada persis di tepi Danau Laut Tawar, sekitar 10 Km dari Takengon, Ibukota Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua panitia penyelenggara, Hardiansyah Ay, mengabarkan, selama du a hari, masyarakat akan diajak dalam berbagai atraksi terkait kopi, seperti wisata kebun kopi, pertunjukan budaya dan seni tradisi Gayo, pasar kopi dan pertunjukan musik "Jazz Panen Kopi."

Hardiansyah yang juga seorang musisi jazz dan pengajar di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, menambahkan, "Jazz Panen Kopi" diisi oleh maestro-maestro lokal dan musisi-musisi luar daerah.

"Kami ingin memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke Tanah Gayo pada musim panen kopi tahun ini dengan berbagai atraksi seni budaya. Anda akan merasakan sensasi kopi," kata Hardiansyah.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Gunung Suku dan Gayo Cultural Education, didukung Pemeintah Daerah, Pemerintah Propinsi, Yayasan Bintang Kidul, Yayasan Umar Kayam, Masyarakat Peduli Media, Beladro Coffee, Sruang, Gayo Discover, The Linge Post Media, Detik Gayo, Koalisi Rock90, Gayo di Atas Awan, GERBAK, dan Tanoh Gayo.

Baca: Kopi Gay o dan Toraja Kian Populer di Australia

"Festival Panen Kopi Gayo diharapkan juga sebagai alat membagun masyarakat, seniman, petani, pedagang, dan penikmat kopi Gayo," lanjut Hardiansyah.

Kopi Gayo merupakan mutiara kebanggaan dataran tinggi Gayo. Komoditi unggulan ini tercatat sebagai salah satu jenis kopi Arabika terbaik di dunia. Kopi Gayo telah mendapatkan Fair Trade Certified dari OrganisasiInternasional Fair Trade dan sertifikat Indikasi Geografis, yang makin memantapkan posisi kopi Gayo.

Luas perkebunan kopi Gayo saat ini mencapai 120.000 hektar, yang tersebar dikabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Gayo Lues. "Festival Panen Kopi Gayo hadir, untuk mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat setempat, baik para penduduk, seniman dan para stake holder yang ikut mendukung acara Festival Panen Kopi Gayo," tambah Hardiansyah.

Festival Panen Kopi Gayo adalah event yang mengombinasikan kegiatan pasar (kopi), festival budaya d an pertunjukan musik jazz dalam satu paket kegiatan yang merupakan bentuk selebrasi atas kegiatan panen raya (besar) kopi Gayo. (*)

Editor: Eko Sutriyanto Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Jangan Ngeres Dulu! Kenyataannya 10 Foto Ini tak Seporno yang Kamu Bayangkan, Amati Baik baik! Sumber: Google News | Liputan 24 Raya

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »