GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Cuaca Buruk, Penumpang Speedboat Diturunkan di Pelabuhan ...

Cuaca Buruk, Penumpang Speedboat Diturunkan di Pelabuhan ...

Cuaca Buruk, Penumpang Speedboat Diturunkan di Pelabuhan Teluk Batang Menurutnya, ombak besar disertai angin kencang seperti ini sangat membahayakan kapal yang hendak …

Cuaca Buruk, Penumpang Speedboat Diturunkan di Pelabuhan ...

Cuaca Buruk, Penumpang Speedboat Diturunkan di Pelabuhan Teluk Batang

Menurutnya, ombak besar disertai angin kencang seperti ini sangat membahayakan kapal yang hendak berlayar jalur laut.

Cuaca Buruk, Penumpang Speedboat Diturunkan di Pelabuhan Teluk BatangTRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FAUZIBeginilah keadaan ombak disekitar pelabuhan Sukadana.

Laporan Wartawan Tribun Potianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Cuaca buruk yang saat ini melanda beberapa daerah, termasuk di Kayong Utara berdampak langsung kepada transportasi laut rute Pontianak-Sukadana yang biasanya dijadwalkan sampai kepelabuhan Sukadana sekitar kurang lebih pukul 02.00 WIB terpaksa harus di berhentikan di Pelabuhan Teluk Batang karena cuaca buruk yang datang secara tiba-tiba membuat Speed terpaksa berhenti di pelabuhan Sukadana karena tidak ingin mengambil resiko melewati jalur laut menuju pelabuhan Sukadana yang diperkirakan memakan waktu kurang lebih 45 menit.

Selain transportasi Speed Boat jurusan Pontianak-Sukadana, Perairan Sukadana yang dikelilingi laut ini juga berdampak pada transportasi laut jenis kapal jurusan Sataiâ€"Sukadana yang terkena dampak gelombang tinggi dan angin kencang yang secara tiba â€" tiba datang pada pukul 12.00 WIB.

“Biasanya tidak seperti ini, hari ini cukup besar ombaknya, namun kita sudah terlanjur berangkat (Santai-Sukadana) mau tidak mau harus kita lanjutkan, sekitar setengah jam lagi sampai Sukadana ombak pun langsung besar,”kata nahkoda kapal KM Bahagia, Ahmad Yani, Senin (4/12/2017).

(Baca: Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kel as III Telok Melano Ingatkan Cuaca Ekstrem )

Menurutnya, ombak besar disertai angin kencang seperti ini sangat membahayakan kapal yang hendak berlayar jalur laut, untung saja diakuinya, kapal yang ia nahkodai tersebut sampai dengan selamat.

“Kalau ombak seperti ini, jika tadi masih dipelabuhan pasti akan kami batalkan keberangkatan, Alhamdulillah, penumpang tadi selamat dan tidak ada yang panik,”jelasnya.

Apalagi dikatakan oleh salah seorang nakhoda speed boat, untuk transportasi air yang berukuran kecil seperti Speed Boat tentu akan sangat membahayakan jika harus menempuh jalur laut dalam keadaan tidak bersahabat seperti ini.

“Untuk saat sekarang gelombang di laut pasti besar, kalau sekarang kemungkinan ombak satu meteranlah,”kata nahkoda Speed Boat jurusan Satai- Sukadana , Rosmiadi.

Menurutnya, speed boat jurusan Pontianak â€" Sukadana yang saat ini dalam perjalanan diperkirakan akan menghentikan perlayaran dan memilih berlabuh di pelabuhan Teluk Batang dikarenakan sangat membahayakan keselamatan penumpang Speed Boat tersebut.

“Kalau laut Sukadanakan masih banyak pelindung, tidak seperti diluar Kalimantan ombaknya paling satu sampai satu setengah meter.Kalau sekarang, mereka melihat cuaca terlebih dulu, kalau cuaca seperti ini, gelombang besar seperti ini mereka tidak bisa keluar dari Teluk Batang, karena kalau keluar sama juga mencari penyakit,”jelasnya.

Penulis: Muhammad Fauzi Editor: Rizky Zulham Sumber: Tribun Pontianak Ikuti kami di Jangan Ngeres Dulu! Kenyataannya 10 Foto Ini tak Seporno yang Kamu Bayangkan, Amati Baik baik! Sumber: Google News | Liputan 24 Teluk Dalam

No comments