BPJS Kesehatan Perkuat Komunikasi dengan Media | Liputan 24 Sumatera Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

BPJS Kesehatan Perkuat Komunikasi dengan Media

Posted by On 12:41 AM

BPJS Kesehatan Perkuat Komunikasi dengan Media

Metro24Jam>News>Metro 24 Jam>BPJS Kesehatan Perkuat Komunikasi dengan Media Metro 24 Jam

BPJS Kesehatan Perkuat Komunikasi dengan Media

Selasa, 5 Desember 2017 - 15:28 WIB

IMG-46769

Para wartawan dan BPJS Kesehatan Lubukpakam. (ist/metro24jam.com)

LUBUKPAKAM, metro24jam.com â€" BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam menyelenggarakan Media Gathering dalam rangka memberikan sosialisasi terkait info terkini program JKN-KIS, serta menjalin hubungan kemitraan dengan media baru-baru ini.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam, Rita Masyita Ridwan, menjelaskan tentang perjalanan JKN dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.

Dijelaskan Rita, bahwa Indonesia telah mengimplementasikan Program (JKN-KIS), ya ng merupakan salah satu dari amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Secara bertahap, Program JKN-KIS terus berkembang pesat hingga kini dan bergerak menuju cakupan semesta 01 Januari 2019. Dalam jangka pendek, program JKN dapat meningkatkan output dan tenaga kerja, sedangkan dalam jangka panjang program JKN dapat meningkatkan modal manusia melalui peningkatan angka harapan hidup.

Rita memaparkan beberapa penghargaan yang diraih oleh BPJS Kesehatan. Pada tahun buku 2016, BPJS Kesehatan telah berhasil memperoleh predikat “Wajar Tanpa Pengecualian“ (WTP) dari akuntan publik.

Ini juga merupakan peraihan predikat WTP secara 3 tahun berturut-turut sejak BPJS Kesehatan berdiri. WTP adalah gambaran nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam mengimplementasikan prinsip keterbukaan, kehati-hatian dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan SJSN di bidang kesehatan.

Sepanjang tahun 2017, baru-baru ini BPJS Kesehatan jug a meraih beberapa penghargaan seperti Indonesian Customer Satisfaction Award, Juara II Lembaga Pemerintah Non Kementerian dengan Unit Kearsipan Terbaik, Juara II Asuransi Pemerintah Terbaik di Indonesia, Indonesia Good Corporate Governance, Lembaga Pemerintah dengan Komitmen Pengembangan Organisasi dan Komitmen Pengembangan Organisasi Terintegrasi terbaik,Penghargaan Inovasi Pelayanan, dan masih banyak penghargaan terbaik lainnya.

“Program JKN-KIS ini sendiri merupakan salah satu Program Prioritas Pemerintahan Presiden Jokowi-JK yang tercantum dalam Nawacita ke-5, yaitu meningkatan kualitas hidup manusia Indonesia,” kata Rita.

Keberlangsungan program ini tidak terlepas dari peran dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, stakeholder, mulai dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah.

“Komitmen Pemerintah dalam mengawalkeberlangsungan Program JKN-KIS semakin terlihat jelas dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 tanggal 23 November 2017. Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Sosial, Menteri BUMN, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Jaksa Agung, Direksi BPJS Kesehatan, seluruh gubernur dan Bupati serta walikota untuk menjamin keberlangsungan Program JKN-KIS yang merupakan program strategis nasional dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta JKN-KIS,” ungkapnya.

Menanggapi isu yang beredar di masyarakat terkait Defisit JKN, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam, Ikhwal Maulana, menjelaskan bahwa, “JKN-KIS berprinsip pada anggaran berimbang, yaitu pengeluaran dan pendapatan harus sama,” sebutnya.

Diketahui pendapatan utama bersumber dari iuran peserta. Berdasarkan hitungan aktuaria, iuran saat ini belum sesuai dengan angka ideal. Karena itu, akan terjadi defisit sampai kapan pun.

“Berbagai op si muncul untuk mengatasinya, mulai dari menaikkan iuran sampai dengan mengurangi manfaat pelayanan kesehatan. Akan tetapi kedua hal tersebut bukan menjadi pilihan karena Pemerintah tidak ingin membebani masyarakat. Maka sesuai PP 87/2013, Pemerintah menyuntikkan dana tambahan lewat APBN untuk mengatasi defisit. Ini yang menjadi pilihan saat ini,” lanjut Ikhwal.

Begitu pula dengan isu bahwa BPJS Kesehatan tidak lagi menanggung semua biaya 8 Penyakit katastropik seperti jantung, gagal ginjal, kanker, stroke, sirosis hepatitis, thalassemia, leukimia dan hemofilia, Rita mengatakan, itu tidaklah benar.

“Kamis (23/11/2017) lalu, BPJS Kesehatan diminta menyampaikan paparan tentang perkembangan pengelolaan JKN-KIS. Dalam paparan tersebut ditampilkan sebagai gambaran di Jepang, Korea, Jerman, dan negara-negara lainnya yang menerapkan cost sharing. Pada saat era PT. Askes dahulu, Pemerintah memberikan dana subsidi bagi penyakit-penyakit katastropik,” jelas Ikhwal.

La njut dijelaskan, pemberian dana tersebut dilakukan sejak tahun 2004 sampai dengan tahun 2013. Sejak PT Askes (Persero) bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan pada 2014 lalu sampai sekarang, belum ada regulasi tentang subsidi pemerintah untuk penyakit katastropik. Padahal dulu ada subsidi.

“Saat ini hal tersebut tengah diusulkan untuk revisi Perpres. Bahwa sampai dengan saat ini, BPJS Kesehatan tetap menjamin ke-8 penyakit tersebut. Masyarakat tidak perlu khawatir, selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan maka BPJS Kesehatan akan menjamin biayanya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” sambung Ikhwal.

Ikhwal memaparkan pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang LubukPakam terus mengalami peningkatan. Sampai dengan30 Oktober 2017, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam mencapai 1.358.683 jiwa, termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemkab/kota dan Pemprovsu.

L ebih lanjut Ikhwal menyampaikan bahwa untuk wilayah Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah penduduk berkisar 1.886.900 jiwa, yang sudah menjadi peserta JKN-KIS sebanyak 884.369 jiwa dalam artian, bahwa baru 46,87% dari total jumlah penduduk Deliserdang yang sudah ikut dalam program JKN-KIS.

Sedangkan untuk Kabupaten Serdang Bedagai dengan jumlah penduduk berkisar 642.834 jiwa, yang sudah menjadi peserta JKN-KIS sebanyak 348.092 jiwa, atau 54,15%. Dan untuk wilayah Kota Tebingtinggi dengan jumlah penduduk berkisar 172.999 jiwa, yang sudah menjadi peserta JKN-KIS sebanyak 128.968 jiwa atau sama dengan 74,55%.

“Saat ini Kantor Cabang Lubukpakam telah bermitra dengan 169 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 63 Puskesmas, 1 dokter praktik perorangan, dan 105 Klinik Pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam juga telah bekerja sama dengan 26 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 20 Rumah Sakit dan serta 6 ap otek,” tandasnya.

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan, berbagai inovasi dan terobosan telah dilakukan. Masyarakat yang sebelumnya dapat melakukan pendaftaran di Kantor Cabang, Kantor Kabupaten/Kota, website, dan bank mitra yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, kini dapat juga dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400, sistem Dropbox di Kecamatan dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Pendaftaran melalui PPOB/mitra kerja BPJS Kesehatan, Kader JKN-KIS serta melalui aplikasi Mobile JKN.

Pendaftaran melalui mitra kerja juga tengah dikembangkan dengan membuka Point of Service di pusat perbelanjaan seperti mall dan tempat perbelanjaan lainnya.

Di akhir acara Rita mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan rekan-rekan media dapat menjadi kontrol sosial BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi yang lebih akurat kepada peserta JKN-KIS, sehingga dapat meminimalisir isu hoax yang berkembang di masyarakat da n dapat mendorong Pemerintah Daerah yang masih jauh dari kepesertaan JKN-KIS. (fan)


KOMENTAR ANDA Berita Terkini Lainnya Satpol-PP Sergai Dikerahkan Bantu Korban Banjir Metro 24 Jam - Selasa, 5 Desember 2017 - 14:58 WIB

Satpol-PP Sergai Dikerahkan Bantu Korban Banjir

Kasatpol-PP Serdang Bedagai, Drs Fajar Simbolon MSi beserta puluhan personel turun ke lokasi untuk membantu warga korban banjir di sekitar ... Korslet, Tempat Sembahyang Asiong Dijilat Api Metro 24 Jam - Selasa, 5 Desember 2017 - 13:00 WIB

Korslet, Tempat Sembahyang Asiong Dijilat Api

Tempat sembahyang di lantai empat ruko milik Asiang (50), Jalan Gatot Subroto, Komplek Tomang Elok blok E 6/12, Lingkungan II, ... Mayjen Cucu Somantri: Prajurit Harus Berprestasi Metro 24 Jam - Selasa, 5 Desember 2017 - 11:22 WIB

Mayjen Cucu Somantri: Prajurit Harus Berprestasi

Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri, meminta para prajurit untuk berprestasi lomba Kontingen Ton Tangkas Piala Kasad. Hal itu disampaikan ... Danramil 10/SR Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir - Selasa, 5 Desember 2017 - 11:06 WIB

Danramil 10/SR Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir

B anjir melanda desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Sergai semakin parah, hal itu disebabkan terjadinya hujan deras semalam suntuk. Akibatnya ... Jambret Medan  Nyungkur Dipelor Metro 24 Jam - Selasa, 5 Desember 2017 - 11:00 WIB

Jambret Medan Nyungkur Dipelor

Dua dari seorang pelaku spesialis jambret, Syafrian Pratama Nainggolan (19) warga Jalan Brigjen Katamso, Gang Pemuda/Gang Kasih, Medan, diberikan hadiah ... Patumbak Ambles Dihantam Longsor, Irigasi & Rumah Warga Hancur Metro 24 Jam - Selasa, 5 Desember 2017 - 11:00 WIB

Patumbak Ambles Dihantam Longsor, Irigasi & Rumah Wa rga Hancur

Cuaca ekstrem yang membuat sejumlah wilayah Kota Medan banjir akibat diguyur hujan sepanjang Minggu (3/12) lalu ternyata turut membuat ...
  • TERPOPULER

    • 1

      Wanted! Ini 2 Petugas TKK BRI yang Larikan Uang BI Rp 6 M plus Mobil Xenia

    • 2

      Call Gak Diangkat, Chat Juga Tak Dibalas, Pacar Tercinta Rupanya Sudah Tewas Tergantung

    • 3

      Tragedi ABG Sei Bamban, Mirna Merintih Layani Nafsu Kakek 67 Tahun

    • 4

      Seram… ! Massa Sergap Polisi, Maling Tangkapan Dimatiin !! Biji Mata Keluar, 2 Tangan Patah

    • 5

      TKI Asal Rantauprapat Diperkosa dan Dibunuh di Malaysia

    • 6

      Siap Maju Untuk Sumut 1, JR Saragih Gandeng Putra Amin Rais

    • 7

      Orang Satu Sekolah Heboh, Siswa Tantang Gurunya Duel, Kapolsek Turun Tangan

    • 8

      Pengecer Nyanyi, Pulang ‘On’, Sepasang Kekasih dan BD Narkoba ‘Dugem’ di Sel

    • 9

      Sengketa Lahan Keluarga di Siantar, 9 Kuburan Dibongkar

    • 10

      Kejar Begal, Karyawati BNI Siantar Tewas Mengenaskan, Tinggalkan Bayi Usia 10 Bulan


Sumber: Google News | Liputan 24 Lubuk Pakam

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »