BBPOM Dalami Temuan Obat Herbal yang Diduga Ilegal | Liputan 24 Sumatera Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

BBPOM Dalami Temuan Obat Herbal yang Diduga Ilegal

Posted by On 8:20 PM

BBPOM Dalami Temuan Obat Herbal yang Diduga Ilegal

BBPOM Dalami Temuan Obat Herbal yang Diduga Ilegal

"Bukan izin prakteknya yang bermasalah, tapi izin obatnya yang tak jelas, inilah yang akan kita dalami,"

BBPOM Dalami Temuan Obat Herbal yang Diduga IlegalTRIBUN MEDAN/ M NasrulPetugas BBPOM memperlihatkan temuan obat herbal yang diduga ilegal

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan masih mendalami temuan obat herbal ilegal pada Kamis (30/11/2017) lalu.

Mulai dari sumber utama yang memasok, hingga cara penyebaran obat tak berizin ini. Menurut kepala BBPOM Medan Sacramento Tarigan, saat ini diduga banyak modus penyeba ran obat tak berizin.

"Terkait kasus obat herbal ini masih ditelusuri, baik sumber utama sampai jaringannya. Produk ilegal diproses investigasi," ujar Sacramento, Selasa (5/12/2017).

Dikatakannya, saat ini sedang tren pengobatan herbal atau alternatif. Pasien-pasien medis yang tak kunjung sembuh, disugesti untuk beralih untuk menggunakan ramuan-ramuan herbal. Dari sinilah potensi utama penyebaran obat yang tak mengantongi izin.

Baca: Lihat Video, Rumah dan Sawah Warga Masih Tergenang, Kapolda Naik Helikopter Pantau Lalu-lintas

Baca: Gas Langka, Warga Berdesak-desakkan, Lihat Videonya

"Bukan izin prakteknya yang bermasalah, tapi izin obatnya yang tak jelas, inilah yang akan kita dalami," pungkasnya.

Ia juga menambahkan, pihaknya saat ini sedang melakukan uji laboratorium, untuk mendeteksi kandungan apa saja yang ada di dalam obat-obatan tersebut. Ia menegaskan, bahan bakunya tidak sesuai dengan ketentuan untuk obat konsumsi.

"Obat itu tidak boleh sembarangan bahan-bahannya, apa lagi untuk tetes mata, gak boleh ramuan herbal," tegasnya.

Seperti pemberitaan kemarin, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan, temukan obat-obatan herbal yang tak mengantongi izin pada Kamis (30/11/2017) malam lalu.

BBPOM menyita sebanyak 919 kemasan obat yang tidak mengantongi izin, yang disita dari seorang tabib berinisial MT di Kota Binjai. Di antaranya, 856 kemasan berisi kapsul obat berbagai penyakit, dan 63 botol obat tetes mata. (cr4)

Penulis: Muhammad Nasrul Editor: Salomo Tarigan Sumber: Tribun Medan Ikuti kami di Dituding Siarkan Langsung Pornografi Anak di Facebook, TKW Ini Alami Nasib Apes Sumber: Google News | Liputan 24 Binjai

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »