BBMKG: potensi banjir-longsor di Sumut masih tinggi | Liputan 24 Sumatera Utara
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

BBMKG: potensi banjir-longsor di Sumut masih tinggi

Posted by On 4:41 AM

BBMKG: potensi banjir-longsor di Sumut masih tinggi

Medan (ANTARA News) - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah 1 Medan memprakirakan potensi banjir dan tanah longsor masih tinggi di Sumatera Utara.
Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan Edison Kurniawan di Medan, Minggu, mengatakan, dari pemantauan yang dilakukan, pola cuaca di Sumut masih berpotensi terjadi pertumbuhan awan-awan konvektif.
Keberadaan awan yang memunculkan hujan tersebut perlu diwaspadai, terutama karena dapat menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah kabupaten/kota di Sumut.
Apalagi BBMKG melihat dinamika atmosfir dalam beberapa hari ke depan masih cukup aktif dan menimbulkan potensi bencana.
Karena itu, kepala daerah di Sumut diharapkan dapat mencermati peringatan dini BBMKG tersebut agar bisa melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing.
Sebelumnya, petugas peman tau cuaca BBMKG Wilayah 1 Medan Lestari Irene Purba menyebutkan, muncul peluang cuaca berawan dan hujan di sejumlah kabupaten/kota di Sumut pada Senin (4/12) dan Selasa (5/12).
Pihaknya mencatat ada potensi hujan lebat dan petir di wilayah Belawan, Medan, Lubuk Pakam, Binjai, Pematang Raya, Pematang Siantar, Langkat, Sei Rampah, Tebing Tinggi, dan Kisaran. Sedangkan di wilayah pantai timur, BBMKG mengingatkan masyarakat untuk mewspadai ancaman angin kencang.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: Google News | Liputan 24 Lubuk Pakam

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »